Kamis, 27 Desember 2012

Tentang Ulang Tahun

Assalamualaikum blog tercintaku. Lama kita tak jumpa ya. Hihi.

Harusnya tulisan ini aku buat tanggal 13 Desember kemarin, tapi aku benar-benar sedang tak ada waktu menulis di blog saat itu. Dan di tanggal 25 ini aku baru sempat menulis lagi. Hihi. Lama juga ya jaraknya -___- Baiklah, aku akan mencoba cerita sedikit tentang ulang tahun. Disini, aku akan mengambil sudut pandang pencerita yang sedang bercerita di tanggal 13 desember 2012.

13 Desember 2012


Tanggal 12 Desember kemarin teman SMA-ku ulang tahun. Teman yang selama hampir 2 tahun duduk bersamaku. Sebut saja Sakura (nama disamarkan. Hehe). Tanggal ulang tahunnya saat itu cukup unik. 12-12-12. Tanggal yang bagus kan? Hehe.

Setelah aku mengucapkan selamat ulang tahun dan mendoakan yang terbaik untuk Sakura, aku bertanya apakah orang yang dulu pernah bersamanya sudah mengucapkan ulang tahun atau belum, dia jawab belum. Tapi malamnya temanku ini bbm aku dan bilang bahwa orang itu sudah mengucapkan ulang tahun via bbm yang isinya: “Ulang Tahun Ya. HBD. WYATB” yang artinya Happy Birtday. Wish You All The Best.

Entah kenapa aku merasa sedih baca bbm itu. Bayangkan dong. Ucapan ulang tahunnya disingkat gitu. Emang itu orang pake Esia ya, yang jumlah pulsanya berkurang hanya sesuai jumlah karakter sms yang dikirimkan? Padahal bbm’an tapi ngucapinnya sesingkat itu. Ckck.

Mungkin banyak yang menganggap ucapan ulang tahun itu kurang penting, tapi sadar nggak sih, ucapan ulang tahun itu bisa jadi hal yang istimewa kalau diucapkan dengan ucapan yang tulus. Nggak usah doa yang terlalu panjang, yang penting kelihatan kalau yang ngucapin itu mendoakan yang terbaik. Duh, tapi kalau singkat begitu sih sama sekali ngga berkesan ah. Bukannya suuzon, tapi dari situ keliatan banget ngga niatnya. Iya ngga sih?

Gini ya, ulang tahun itu kan cuma setaun sekali. Apa salahnya sih mendoakan yang terbaik untuk teman, keluarga, maupun kerabat kita? Doakan yang baik, yang tulus, dan ikhlas. Coba deh. Yang kita doakan pasti seneng. Selain itu apa yang kita doakan untuk orang lain toh insya Allah akan kembali kepada kita.

Tapi ya kalau memang benar-benar sibuk dan tak mempunyai waktu yang banyak untuk mengucapkan ulang tahun ya silakan aja sih singkat ucapannya. Cuma klo menurutku sih jadi terlihat ga berkesan dan ga niat gitu. Hehe

Oh ya, ada hal lain lagi yang aku heran. Yaitu orang yang tak mencantumkan tanggal lahir di facebooknya. Aku heran, orang itu tak mau diketahui umurnya atau bagaimana ya?

Tapi aku pernah bertanya pada salah satu om’ku yang masih lajang. Aku bertanya padanya mengapa ia tak mencantumkan tanggal lahir di fb’nya bahkan orang yang melihat profilnya tak punya akses untuk menulis di dinding fb’nya dan hanya bisa mengirim pesan melalui message di fb.

Om’ku bilang, ia melakukan hal itu karena saat ulang taun, sering banyak yang minta traktir makan. Jadi karena ia tak mau mendapat banyak permintaan untuk mentraktir rekan-rekannya di hari ultahnya’lah yang membuatnya tak menampilkan tanggal lahir di fb. Hmm.. Itu toh alasannya.

Oh iya, aku juga pernah bertanya pada teman kuliahku kenapa ia tak mencantumkan tanggal lahirnya di fb (saat itu aku tau ulang tahunnya karena menyimpan hari ulang tahunnya di hp) dan dia bilang dia sengaja melakukan itu karena ingin tau siapa teman-temannya yang ingat hari ulang tahunnya. Wah, cara mengetes yang bagus ya. Dia ingin tau seberapa peduli dan seberapa ingat teman-temannya dengan ulang tahunnya.

Aku sih kurang setuju dengan kedua alasan mereka itu. Mengenai alasan om’ku, aku sempat berpikir. Untuk apa takut dimintain traktir sama teman-teman? Mentraktir kan nggak wajib untuk orang yang sedang berulang tahun. Kalau memang tak bisa mentraktir kan bisa bilang ngga punya cukup uang untuk hal itu. Kenapa hal itu dijadikan alasan?

Lalu mengenai alasan teman kuliahku, aku juga berpikir, untuk apa mencoba mengetes supaya tau siapa yang peduli dan ingat dengan ulang tahun temannya? Sekarang ini, orang-orang sibuk dengan urusannya masing-masing. Kadang ulang tahun teman dekat sekalipun bisa lupa saking sibuknya. Menurutku sih, tak ada salahnya mencantumkan tanggal lahir di fb karena dengan begitu orang yang mengetahui hari ulang tahun kita, akan mendoakan kita. Bukankah akan senang sekali mendapat doa dari banyak orang? Sekalipun mungkin kita tak sempat membaca semua doa yang diucapkan teman-teman kita, tapi setidaknya kita mendapat doa dari banyak orang dan kita tahu banyak yang peduli terhadap kita ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar